Selasa, 20 Maret 2012

Dosa kita pun Berguguran...???

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, bersabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam, “Shalat lima waktu, dari Jumat ke Jumat berikutnya, dan dari Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, adalah penggugur dosa-dosa (antara ibadah tersebut) selama meninggalkan dosa besar” (HR Muslim)

Hadits di atas menunjukkan besarnya keutamaan dan kemurahan Allah dengan diutamakannya 3 ibadah yang mulia ini. Tiga ibadah ini memiliki keutamaan yang tinggi di sisi Allah.

Shalat lima waktu membenarkan keimanan seorang hamba, berbeda dengan ibadah yang lainnya seperti zakat, haji, dan puasa. Sehingga seseorang yang meninggalkan shalat karena malas maka dia telah keluar dari agama Islam (kafir) berbeda dengan orang yang meninggalkan zakat atau haji karena kikir, dan puasa karena malas.

Hari Jumat adalah hari yang mulia dalam sepekan. Merupakan hari khusus bagi umat Islam dimana umat Yahudi (Sabtu) dan Nashrani (Ahad) dipalingkan dari hari Jumat. Hari dimana umat Islam berkumpul, hari dimana berkumpul ibadah-ibadah dan kebaikan yang banyak. Juga merupakan hari dimana keseluruhan waktunya adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, terutama setelah shalat Ashar hingga shalat Maghrib.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki keutamaan yang besar. Bulan dimana syaithan dibelenggu, surga dibuka pintunya, dan neraka ditutup pintunya. Ramadhan yang dimaksud dalam hadits adalah dengan mengerjakan ibadah di bulan Ramadhan secara sempurna keseluruhannya.

Merupakan rahmat Allah dimana tiga ibadah diatas dapat menggugurkan dosa-dosa kecil walaupun seseorang belum bertaubat dari dosa kecil tersebut. Adapun dosa besar dapat digugurkan dengan taubat.

Tentunya Taubat yang sungguh-sungguhlah yang dapat mensucikan diri kita dari dosa, beruntunglah kita karena kehidupan yang Alloh berikan merupakan kesempatan bagi kita untuk selalu mensucikan jiwa
Alloh Berfirman." sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu," ( As-Syams :9)

tentunya bukan hanya tiga jenis ibadah diatas saja yang dapat menggugurkan dosa, semua jenis ibadah dan penghambaan kita kepada Alloh dapat menggugurkan dosa kita.
 Rasululloh Bersabda "'Sesungguhnya termasuk sebab mendapatkan ampunan adalah memberikan salam dan berkata baik” (HR Al Kharaithi dalam Makarim Al Akhlak dan di-shahih-kan Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Al Shahihah, no. 1035) Wallohu A'lam.








Dari: Ust. M. Ridwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang mau berkomentar, kritik, saran, dsb dimohon menampilkannya dibawah ini (kritik akan lebih membangun kami menjadi lebih baik)